Sejak duduk di bangku kelas 4 sd kita di ajarkan bahwa bumi ini bulat, selain bumi ada beberpa planet lain seperti merkurius, venus, dst sampai ke pluto. Namun tiba-tiba pluto dihapus dari jajaran planet yang mengorbit Matahari dan hampir tidak ada seorang pun yang membantah dan serentak menganggukkan kepala, mengapa? Karena indera manusia tidak bisa menggapai antartika. Secara otomatis kita akan mempercayai satu-satunya informasi yang diberikan NASA sebagai media terpercaya dalam pengkajian ilmu astronomi.

Pernahkah menonton saluran televisi Discovery Channel yang mengupas tentang dunia hewan. Mereka memuat berbagai informasi tentang hewan hingga makhluk kecil seperti serangga. Disana dikatakan bahwa semut berkomunikasi melalui antenna yang ada dikepala mereka, ratu lebah memberi sinyal ini dan itu sesuatu yang tidak mungkin bisa kita lihat dengan indera. Dan semua takjub mengiyakan apa yang mereka informasikan. Mengapa? Karena kita mengetahui bahwa mereka berhari-hari bulan bahkan tahun melakukan penelitian untuk menyimpulkan hal tsb. Sehingga semua orang menyepakati keabsahan informasi yang mereka berikan tentang dunia serangga padahal kita tidak bisa melihatnya dengan mata, mendengarnya dengan telinga merasakannya dengan panca indera.

Maka informasi tentang Allah, sifat-sifat-Nya yang tidak bisa dirasa dengan indera manusia sudah seharusnya kita sandarkan kepada Al-Quran dan Hadis Nabi yang shahih yang merupakan sumber utama informasi tentang ketuhanan. Jika seandainya Al-Quran mengatakan Allah memiliki tangan. Maka kita yakini bahwa Allah memiliki tangan tanpa harus mempertanyakan bagaimana tangan Allah. Kita tidak pernah mempermasalahkan alasan pluto dikeluarkan oleh NASA dari barisan planet yang mengorbit Matahari. Sebegitu percaya kita pada NASA. Apakah kita tidak bisa memposisikan Al-Quran diatas NASA? 

Disadur dari kajian bersama Ust. Muhammad Yassir, Lc. M.A.

 

| Disusun & Dipublikasi oleh Tim Ilmiah Elfadis 

Tanggal : 22 Rabi’ul Akhir 1441 H

________________

Silahkan bergabung dan mendapatkan tulisan, audio, video serta jadwal kajian Ust. Dr. Syafiq Riza Basalamah di :

 

Facebook           :

 Syafiq Riza Basalamah Official /  https://www.facebook.com/SyafiqRizaBa...

 

Instagram            :

 Syafiq Riza Basalamah Official 

 

Twitter    : 

 Syafiq Riza Basalamah Official @ustadzsyafiq

 

Telegram : 

  Syafiq Riza Basalamah Official / @SRB_Official

 

Website   : 

   http://syafiqrizabasalamah.com/