Allah subhanahu wata’ala berfirman :

قَدۡ خَلَتۡ مِن قَبۡلِكُمۡ سُنَنٞ فَسِيرُواْ فِي ٱلۡأَرۡضِ فَٱنظُرُواْ كَيۡفَ كَانَ عَٰقِبَةُ ٱلۡمُكَذِّبِينَ  ١٣٧

“Sesungguhnya telah berlalu sebelum kamu sunnah-sunnah Allah; Karena itu berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul).”

Allah menunjukkan tentang sunnah kauniyah-Nya, berupa pertolongan-Nya kepada orang-orang yang beriman dan balasan untuk orang-orang yang berbuat keburukan. Hendaknya kita mengambil pelajaran dari apa yang menimpa kaum Nuh, kaum Hud, kaum Shalih, kaum Luth, dan selain mereka, berupa musibah karena kemaksiatan yang mereka perbuat. Serta tetaplah berprasangka baik kepada Allah bahwa Dia telah menyiapkan balasan terbaik bagi orang-orang yang benar-benar beriman.

Allah azza wajalla menjelaskan bahwa Al Qur’an adalah penjelas bagi manusia dan petunjuk bagi mereka yang bertakwa. Sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya :

وَيَوۡمَ نَبۡعَثُ فِي كُلِّ أُمَّةٖ شَهِيدًا عَلَيۡهِم مِّنۡ أَنفُسِهِمۡۖ وَجِئۡنَا بِكَ شَهِيدًا عَلَىٰ هَٰٓؤُلَآءِۚ وَنَزَّلۡنَا عَلَيۡكَ ٱلۡكِتَٰبَ تِبۡيَٰنٗا لِّكُلِّ شَيۡءٖ وَهُدٗى وَرَحۡمَةٗ وَبُشۡرَىٰ لِلۡمُسۡلِمِينَ  ٨٩

“(Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.”

Juga di dalam firman-Nya :

هَٰذَا بَلَٰغٞ لِّلنَّاسِ وَلِيُنذَرُواْ بِهِۦ وَلِيَعۡلَمُوٓاْ أَنَّمَا هُوَ إِلَٰهٞ وَٰحِدٞ وَلِيَذَّكَّرَ أُوْلُواْ ٱلۡأَلۡبَٰبِ  ٥٢

“(Al Quran) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran.”

Maka hendaknya seorang mukmin benar-benar berusaha untuk memperoleh hidayah dari Al Qur’an dan menjauhkan diri dari terus menerus berada di atas kemaksiatan.

 

(Diterjemahkan dari kajian Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baaz rahimahullahu)

 

| Disusun & Dipublikasi oleh Tim Ilmiah Elfadis 

Tanggal : 5 Jumadal ‘Ula 1441

________________

Silahkan bergabung dan mendapatkan tulisan, audio, video serta jadwal kajian Ust. Dr. Syafiq Riza Basalamah di :

 

Facebook           :

 Syafiq Riza Basalamah Official /  https://www.facebook.com/SyafiqRizaBa...

 

Instagram            :

 Syafiq Riza Basalamah Official 

 

Twitter    : 

 Syafiq Riza Basalamah Official @ustadzsyafiq

 

Telegram : 

  Syafiq Riza Basalamah Official / @SRB_Official

 

Website   : 

   http://syafiqrizabasalamah.com/