PERTANYAAN

Wahai Syaikh, Aku mengajukan lamaran ke seorang pemudi, namun keluarganya melarangku untuk melihat wajahnya, apakah boleh aku mencukupkan dengan sifat wanita tersebut yang digambarkan oleh orang-orang terdekatnya ataukah ada nasihat lain dari antum?


 

JAWABAN

Segala pujian hanya milik Allah. Shalawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Nabi Muhammad. Amma ba’du

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Muhammad bin Maslamah radhiyallahu ‘anhu, dan sahabat lain radhiyallahu ‘anhum disebutkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama menganjurkan kepada sang pelamar untuk melihat terlebih dahulu calon wanitanya. Dari hadits ini, para ulama berselisih pendapat apakah anjuran ini bersifat wajib ataukah sekedar sunnah? Mayoritas ulama’ tiba pada kesimpulan bahwa hukumnya adalah sunnah.

Sebagian lain bahkan berpendapat sekedar boleh. Dengan alasan bahwa perintah ini datang setelah adanya larangan melihat wajah wanita bukan mahram, maka konsekuensinya adalah sekedar mubah bukan yang lain. Oleh karenanya, jika antum melamar seorang wanita dan keluarganya melarang untuk melihat sang wanita, maka boleh mencukupkan dengan sifat-sifat yang digambarkan kerabatnya. Atau boleh juga antum menyelidiki tentang wanita tersebut tanpa sepengetahuan keluarga. Baik melalui foto atau wasilah lain. Intinya, tidak masalah mau mengambil pendapat yang mana saja.

 

Diterjemahkan dari : https://www.alshathri.net/fatawa/question-answer-view?id=8

 

| Disusun & Dipublikasi oleh Tim Ilmiah Elfadis 

Tanggal : 12 Jumadal ‘Ula 1441 H

________________

Silahkan bergabung dan mendapatkan tulisan, audio, video serta jadwal kajian Ust. Dr. Syafiq Riza Basalamah di :

 

Facebook           :

 Syafiq Riza Basalamah Official /  https://www.facebook.com/SyafiqRizaBa...

 

Instagram            :

 Syafiq Riza Basalamah Official 

 

Twitter    : 

 Syafiq Riza Basalamah Official @ustadzsyafiq

 

Telegram : 

  Syafiq Riza Basalamah Official / @SRB_Official

 

Website   : 

   http://syafiqrizabasalamah.com/