Hakikat Penciptaan Manusia

Derum mesin mobil di subuh buta, pagar-pagar megah riuh terbuka, pergi meninggalkan keluarga tercinta bahkan tak banyak dari kita kembali ke rumah saat penghuni rumah telah terlelap di malamnyan. Silahkan kita resapi kehidupan di zaman ini. Hampir manusia mendedikasikan hidupnya demi pekerjaan. Bekerja pagi, siang, dan malam, tidak sedikit yang menggadaikan kewajiban ibadahnya hanya demi memaksimalkan target harian di tempatnya bekerja. 

Masyarakat begitu mengapresiasi orang-orang dengan sepatu mengkilat dan seragam kerja, menenteng tas berisikin anggaran dana, berlari mengejar klien dengan berbagai tuntutannya. Jalan macet penuh dengan manusia berambisi sama. Namun pernahkah kita melihat jalanan macet di waktu subuh. Saat seharusnya seorang muslim mengawali rutinitas hariannya. Saat dimana muazzin menyeru manusia dari rumah-rumah Allah. Namun nyatanya, jalanan yang paling lenggang ialah di saat waktu subuh. Karena banyak dari kita yang takut kepada bos kita melebihi takut kepada Allah saat meninggalkan perintah-Nya mengerjakan shalat subuh berjamaah, kita takut terlambat bahkan untuk semenit karena ancaman potong gaji di akhir bulannya, daripada memenuhi shaf-shaf shalat.

Mari kita refleksikan kembali ingatan kita tentang hikmah mengapa Allah ciptakan kita di muka bumi. Di dalam surat az-zariyat ayat 56 Allah berfirman : 

(وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ)

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.”

Semestinya, inilah tujuan hidup kita. Yaitu menunggu satu waktu shalat ke waktu shalat lainnya. Memenuhi setiap langkah untuk ibadah kepada Allah. Makan dan minum untuk menguatkan persendian sehingga mampu mendirikan shalat. Menjadi pelayan Allah adalah pekerjaan tertinggi seorang manusia.

 

| Disusun & Dipublikasi oleh Tim Ilmiah Elfadis 

Tanggal : 24 Jumadal Akhir 1441 H

________________

Silahkan bergabung dan mendapatkan tulisan, audio, video serta jadwal kajian Ust. Dr. Syafiq Riza Basalamah di :

 

Facebook           :

 Syafiq Riza Basalamah Official /  https://www.facebook.com/SyafiqRizaBa...

 

Instagram            :

 Syafiq Riza Basalamah Official 

 

Twitter    : 

 Syafiq Riza Basalamah Official @ustadzsyafiq

 

Telegram : 

  Syafiq Riza Basalamah Official / @SRB_Official

 

Website   : 

   http://syafiqrizabasalamah.com/