Seorang hamba yang pemalas bisa dilihat dari kesigapannya dalam melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Sebagaimana perkataan Bilal bin Sa'd rahimahullahu :

عِبَادَ الرَّحْمَنِ يُقَالُ لِأَحَدِنَا: " أَتُحِبُّ أَنْ تَمُوتَ؟ فَيَقُولُ: لَا، فَيُقَالُ: وَلِمَ؟ فَيَقُولُ: حَتَّى أَعْمَلَ، وَيَقُولُ: سَوْفَ أَعْمَلُ فَلَا يُحِبُّ أَنْ يَمُوتَ، وَلَا يُحِبُّ أَنْ يَعْمَلَ، وَأَحَبُّ شَيْءٍ إِلَيْهِ أَنْ يُؤَخِّرَ عَمَلَ اللهِ، وَلَا يُحِبُّ أَنْ يُؤَخَّرَ عَنْهُ عَرَضُ الدُّنْيَا

"Wahai hamba Ar Rahmaan (Dzat yang maha pengasih), ada sebagian kita yang ketika ditanya : Apakah kau ingin mati dengan segera? Niscaya ia akan menjawab tidak mau, ketika dituntut alasannya, mereka pun menimpali Tunggu sampai aku beribadah sebanyak mungkin. Ia tidak menghendaki kematian tiba-tiba dan tidak pula tergerak untuk segera beramal sebaik mungkin. Hal yang paling ia gemari adalah menunda-nunda untuk beribadah kepada Allah dan ketika urusan dunia ia justru tak ingin ketinggalan sama sekali."

Ibnul Qayyim al Jauzy rahimahullahu mengaminkan ucapan Abu Nu'aim tersebut dalam kitab beliau :

يفر من إجابة داعي الكسل إلى داعي العمل والتشمير بالجد والاجتهاد و الجد ههنا هو صدق العمل وإخلاصه من شوائب الفتور ووعود التسويف والتهاون وهو تحت السين وسوف وعسى ولعل فهى أضر شىء على العبد وهي شجرة ثمرها الخسران والندامات

"Orang-orang yang mampu berpikir akan memikirkan sesuatu yang lain dibandingkan orang kebanyakan. Ia tidak gemar menunda-nunda sebuah ibadah, bahkan ia akan berusaha untuk bersegera dengan maksimal. Inilah bukti kejujuran iman seorang hamba dan tekad yang sebenarnya untuk beramal. Tidak lagi berada di bawah bayang-bayang nanti, kelak, akan, dan yang semisalnya. Karena hal ini hanya akan menimbulkan penyesalan dan kerugian."

| Disusun & Dipublikasi oleh Tim Ilmiah Elfadis 

Tanggal : 07 Rajab 1441 H

________________

Silahkan bergabung dan mendapatkan tulisan, audio, video serta jadwal kajian Ust. Dr. Syafiq Riza Basalamah di :

Facebook           :

 Syafiq Riza Basalamah Official /  https://www.facebook.com/SyafiqRizaBa...

Instagram            :

 Syafiq Riza Basalamah Official 

Twitter    : 

 Syafiq Riza Basalamah Official @ustadzsyafiq

Telegram : 

  Syafiq Riza Basalamah Official / @SRB_Official

Website   : 

   http://syafiqrizabasalamah.com/