Hari yang penuh ujian masih kita berusaha lalui bersama. Para ulama, umara, dan ummat bersinergi untuk melewati ujian Allah dengan baik. Tak terhitung, tangis kaum muslimin yang hatinya terpaut ke masjid harus melewati beberapa waktu ke depan tanpa bertegur sapa dengan tempat yang paling ia gemari, yaitu masjid.

Hal yang banyak membantu seorang yang beriman untuk tetap tegar menghadapi ujian ini adalah senantiasa berserah diri kepada Allah. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullahu pernah mengatakan :

 

من تمام نعمة الله على عباده المؤمنين أن ينزل بهم الشدة والضر وما يلجئهم إلى توحيده فيدعونه مخلصين له الدين ويرجونه لا يرجون أحدا سواه، وتتعلق قلوبهم به لا بغيره، فيحصل لهم من التوكل عليه والإنابة إليه، وحلاوة الإيمان وذوق طعمه، والبراءة من الشرك ما هو أعظم نعمة عليهم من زوال المرض والخوف، أو الجدب، أو حصول اليسر وزوال العسر في المعيشة، فإن ذلك لذات بدنية ونعم دنيوية قد يحصل للكافر منها أعظم مما يحصل للمؤمن

 

“Di antara kesempurnaan nikmat Allah atas hamba-Nya adalah Dia menurunkan ujian dan musibah kepada mereka supaya mereka kembali mengesakan-Nya, memohon kepada-Nya dengan ikhlas, dan tidak berharap kepada selain-Nya. Sebagai teguran supaya hati mereka kembali terpaut dengan-Nya. Yang dengan hal tersebut rasa pasrah mereka semakin dalam. Mereka mampu merasakan nikmat iman dan menjauh dari segala bentuk kesyirikan. Yang mana kesemua hal tersebut merupakan jauh lebih nikmat dibandingkan mereka sembuh dari sakit, atau terhilangkan dari rasa sakit, atau kelapangan hidup. Karena nikmat yang berkaitan dengan agama, hanya diperoleh oleh orang beriman semata. Sementara nikmat duniawi, dinikmati oleh orang beriman dan orang kafir”.

 

| Disusun & Dipublikasi oleh Tim Ilmiah Elfadis 

Tanggal : 4 Sya’ban 1441 H 

________________

Silahkan bergabung dan mendapatkan tulisan, audio, video serta jadwal kajian Ust. Dr. Syafiq Riza Basalamah di :

 

Facebook           :

 Syafiq Riza Basalamah Official /  https://www.facebook.com/SyafiqRizaBa...

 

Instagram            :

 Syafiq Riza Basalamah Official 

 

Twitter    : 

 Syafiq Riza Basalamah Official @ustadzsyafiq

 

Telegram : 

  Syafiq Riza Basalamah Official / @SRB_Official

 

Website   : 

   http://syafiqrizabasalamah.com/