Sebagaimana syaithan pandai menyesatkan hati manusia dengan macam tingkatannya, maka hati pun demikian bertingkat-tingkat, sesuai dengan pemiliknya. Di antara jenis-jenis hati manusia adalah sebagai berikut :

Jenis pertama, hati yang hitam legam.           

Hati jenis ini adalah milik orang-orang kafir yang sudah membeku hatinya dari menerima peringatan dari Allah. Sama sekali tidak tersentuh dengan peringatan yang Allah berikan (Al Qur’an).

Jenis kedua, hati yang luka. Mungkin memang tidak hitam, tapi di dalamnya terdapat luka atau penyakit. Jenis ini dimiliki oleh orang-orang munafik.

Jenis ketiga, Hati Yang bercampur di dalamnya cahaya keimanan dan nafsu syaithan. Keduanya saling tarik untuk mengajak pelakunya ke arah mana. Akankah ia selamat karena mengikuti cahaya keimanan ataukah celaka karena mengikuti hawa nafsu syaithan.

Jenis keempat, yaitu hati yang tunduk kepada kebenaran. Yaitu mereka yang hatinya selalu diliputi dengan mengingat Allah dan kulit mereka luruh karena tunduk kepada rabb mereka. Inilah hati yang dimiliki oleh orang-orang beriman yang memurnikan peribadahannya hanya kepada Allah.

            Wahai saudaraku, hati kita ini begitu lemah, di dalamnya bercampur banyak hal, ada yang Allah ridhai dan banyak yang tidak. Seorang muslim dituntut untuk selalu memperbaiki hatinya, kita tahu bahwa banyak sekali hal yang bisa memperbaiki hati. Di antaranya adalah berdzikir kepada, menggiatkan beribadah kepada Allah, termasuk ibadah-ibadah hati seperti pengharapan, takut, cinta, merasa di awasi, ketenangan, rasa malu, dan jenis ibadah lain yang merupakan ibadah hati.

 

Syaikh Muhammad bin Shalih al Munajjid

 

| Disusun & Dipublikasi oleh Tim Ilmiah Elfadis 

Tanggal : 16 Sya’ban 1441 H

________________

Silahkan bergabung dan mendapatkan tulisan, audio, video serta jadwal kajian Ust. Dr. Syafiq Riza Basalamah di :

Facebook : Syafiq Riza Basalamah Official / https://www.facebook.com/SyafiqRizaBa...

Instagram : Syafiq Riza Basalamah Official

Twitter : Syafiq Riza Basalamah Official @ustadzsyafiq

Telegram : Syafiq Riza Basalamah Official / @SRB_Official

Website : http://syafiqrizabasalamah.com/