Shalat adalah rukun islam yang keduanya. Yang dengannya agama Islam ini tegak. Dan ialah yang dihisab pertama kali di akhirat terkait hak Allah terhadap hamba-Nya. Apabila shalat seorang hamba baik, amalan yang lain pun bisa diharapkan kebaikannya. Maka hendaknya sebagai seorang muslim memiliki perhatian penuh terhadap shalatnya. Di antara perhatian tersebut adalah senantiasa menjaga shalat di awal waktu sebagaimana yang dianjurkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama.

Namun ada di antara saudari kita yang memiliki kesibukan memberikan pelayanan ke masyarakat sebagaimana profesi perawat dan seringkali melewatkan shalat mereka. Meski mereka tidak diberikan kewajiban untuk melaksanakan shalat secara berjama’ah, bukan berarti mereka abai dengan urusan shalat. Maka, nasihat kami untuk mereka adalah :

 

Pertama : Berusahalah untuk shalat di awal waktu. Jika memang tidak waktu maka hendaknya berusaha menjaga shalat di waktu-waktu yang telah ditentukan dan tidak melebihi waktu-waktu yang ada.

 

Kedua : Hendaknya mereka menjalin hubungan baik dengan teman-teman yang lain. Supaya ketika ada kesibukan dalam merawat dan telah tiba waktu shalat, kita bisa meminta bantuan teman untuk sebentar saja menggantikan tugas tersebut demi melaksanakan kewajiban shalat.

Karena seberapa besar manfaat kita melayani orang, jika ternyata kita sendiri lalai dari melayani Allah azza wajalla yang memiliki hak atas kita. Semoga Allah berikan kita keistiqamahan di dalam menjalankan ibadah.

 

Disadur dari video : 

https://www.youtube.com/watch?v=Br7wNeH_Y6Q&list=PLEjtrkaxeeMDHzDaJykWcHu7X1r5ZZ4NM&index=32