Di dunia, Allah senantiasa meletakkan batasan-batasan bagi manusia, yang jika kita renungi batasan tersebut, terdapat nikmat besar dan bukti kecintaan Allah kepada hamba-Nya. Lihatlah batasan mata yang hanya bisa melihat alam dunia, sungguh ini merupakaan nikmat yang besar yang membuat kita tenang. Bayangkan kalau seandainya kita bisa melihat alam ghaib. Maka kita akan ketakutan bahkan untuk sekedar keluar rumah di malam hari.

Allah membatasi mata dengan hanya dapat melihat apa yang di hadapannya saja, sedang jika terhalang oleh dinding mata tidak memiliki kemampuan untuk menembusnya. Ini juga merupakan nikmat yang harus kita renungi. Kalaulah seandainya mata bisa menembus dinding tentunya kita akan sangat kewalahan menjaga aurat dan aib yang kita miliki. Ini merupakan bentuk pemeliharaan Allah terhadap Hamba-Nya, maka jika dosa yang kita kerjakan telah Allah tutup sedemikian rupa dari mata manusia, seharusnya kita juga menjaga aib yang kita miliki. Dengan tidak menceritakan dosa-dosa yang pernah kita kerjakan kepada orang lain.

Karena semua Hamba Allah akan Allah ampuni dosa-Nya, kecuali mereka yang setelah berbuat maksiat, Allah tutupi dosanya, kemudian dia berlagak dengan memamerkan kembali dosa yang yang telah diperbuat. Sebagaimana dalam Hadis Nabi beliau bersabda : 

“Seluruh umatku diampuni kecuali “Mujahirin”, yaitu yang pada malam harinya berbuat dosa, kemudian bangun dipagi hari dan Allah telah menutupi aib dari dosa-dosa nya akan tetapi dia malah berkata : “Wahai Fulan, semalam aku melakukan ini dan itu”, padahal semalam Allah telah tutup aib nya namun dia malah membuka apa yang telah Allah tutupi” [HR. Bukhari dan Muslim].

 

| Disusun & Dipublikasi oleh Tim Ilmiah Elfadis 

Tanggal : 10 Rabi’ul Akhir 1441 H

________________

Silahkan bergabung dan mendapatkan tulisan, audio, video serta jadwal kajian Ust. Dr. Syafiq Riza Basalamah di :

Facebook           :

 Syafiq Riza Basalamah Official /  https://www.facebook.com/SyafiqRizaBa...

Instagram            :

 Syafiq Riza Basalamah Official 

Twitter    : 

 Syafiq Riza Basalamah Official @ustadzsyafiq

Telegram : 

  Syafiq Riza Basalamah Official / @SRB_Official

Website   : 

   http://syafiqrizabasalamah.com/